Berhubungan dengan postingan sebelumnya mengenai etika bisnis,
dalam memajukan bisnis sangat dibutuhkan analisis untuk memajukan perkembangan
bisnis. Disini, saya menyarankan para pelaku bisnis untuk membuat analisis
SWOT. Saya mendapat materi ini dari dosen saya sebelumnya, Bapak Wahyu Hartono
atau lebih sering disapa Pak Iway.
Beliau mengatakan bukan hanya untuk bisnis, tetapi juga untuk
perkembangan kita sendiri. Apasih itu analisis SWOT ?
Pengertian Analisis SWOT
Pada
kesempatan kali ini yuk kita bahas Analisis SWOT, pertama-tama
kita perlu mengetahui singkatan dari SWOT itu sendiri, yaitu:
S = Strengths (Kekuatan)
W = Weaknesses (Kelemahan)
O = Opportunities (Kesempatan)
T = Threats (Ancaman)
“Merupakan
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman
(threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses,
opportunities, dan threats)”.
Teknik
ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada
Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970 an dengan menggunakan
data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Dari penjelasan singkat di atas
mungkin sudah ada gambaran bagi pembaca mengenai pengertian SWOT. Sebelum
masuk ke contoh analisis SWOT, sebaiknya kita membahas mengenai manfaat analisis SWOT bagi perusahaan.
Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk
menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang
(opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan
(strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman
(threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan
saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan
kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan
atau melengkapi pemahaman tentang analisis SWOT, saya akan memberikan bagaimana
contoh analisis SWOT suatu perusahaan.
Contoh Analisis SWOT Perusahaan
Dengan
adanya contoh analisis SWOT, maka sangat berharap pembaca bisa memahaminya
secara keseluruhan mengenai analisis SWOT. Perlu di pahami, inti analisis SWOT
ini adalah menilai dalam/internal perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths)
dan kelemahan (Weaknesses), kemudian menilai luar/eksternal perusahaan
dengan melihat peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).
Kita ke bahas contoh
analisis swot perusahaan (saya ambil contoh perusahaan NOKIA), Contoh analisis SWOT NOKIA:
NB: Sebelumnya
perlu diperhatikan, saya tidak mencantumkan data dan hanya memberikan
penjelasan sekedarnya karena nanti akan memakan banyak tulisan. Bagi anda yang
ingin serius menganalisis memakai metode SWOT, maka WAJIB untuk menyertakan
data dan penjelasan yang maksimal agar analisis benar-benar tepat.
1.
Strengths (Kekuatan)
·
Pengalaman.
NOKIA masuk dunia mobile mulai
dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM
dengan produk Nokia 1011.
·
Jaringan Terbesar Penjualan & Distribusi.
Nokia merupakan brand yang telah
melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat
di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada
terbesar penjualan dan distribusinya.
·
Hubungan Pelanggan yang Kuat.
Bicara brand NOKIA maka hampir
seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti
susah untuk pindah ke lain hati.
·
Berbagai Macam Produk untuk
Semua Kelas.
Tidak hanya sebatas hubungan
pelanggan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai macam
produk yang sesuai kelas.
2.
Weaknesses (Kelemahan)
- Kurang Gaya Dalam
Produk Murah.
Memang sudah wajar, harga menentukan sebuah
kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk
China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan harga
yang sangat murah.
- Kehilangan Pangsa
Pasar.
Untuk saat ini Nokia memang telah kehilangan
pasarnya setelah symbian tidak lagi update, lalu di akuisisi oleh Microsoft
dengan OS Windows Phone.
3. Opportunities (Kesempatan)
·
Pertumbuhan Pasar Baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu
handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi
pada meningkatkan kualitas smartphone.
4. Threats (Ancaman)
·
Ponsel China
Ponsel China merupakan suatu ancaman yang
sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang cukup hampir sama, mereka
berani menjual dengan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang harga.
·
Pesaing Seperti Samsung & Apple
Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada
tandingannya dalam hal ponsel, karena memang memberikan setiap kebutuhan para
konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia (khususnya Samsung
dan Apple) mulai melejit, berikut statistik penjualannya:
Penjualan Nokia, Samsung, dan Apple |
Kesimpulan
Setelah
menganalisis semua faktor, langkah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan
kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang
(opportunities), dan menangkal semua ancaman (threats) yang datang. Sekian
penjelasan contoh analisis SWOT, semoga bermanfaat dan dapat memberikan
gambaran mengenai analisis SWOT secara keseluruhan. Terimakasih telah
berkunjung ke blog saya J
Top 10 Casino City casinos in MI - MapyRO
BalasHapusTop 10 양산 출장샵 Casino City 김제 출장샵 casinos in Michigan. List of all Casinos in MI. 안동 출장안마 and also the top 10 창원 출장샵 Casino City Casino 대구광역 출장샵 Rewards Loyalty Program.